MIS Miftahussa’adah Laksanakan PKG 2025: Dorong Profesionalisme dan Peningkatan Mutu Guru

TIM Penilai PKG yang diketuai oleh Bapak Nuri Hidayanto (Ketua KKMI Cariu)

Cariu, 7 Oktober 2025 – MIS Miftahussa’adah melaksanakan kegiatan Penilaian Kinerja Guru (PKG) pada hari Selasa, 7 Oktober 2025. Kegiatan ini merupakan agenda rutin dalam rangka evaluasi dan pengembangan profesionalisme guru, yang dilaksanakan dengan melibatkan tim penilai dari para Kepala Madrasah se-KKMI Cariu.

Tim penilai dipimpin oleh Bapak Nuri Hidayanto, S.Pd, Ketua KKMI Cariu sekaligus Kepala Madrasah Nurul Hayat. Turut hadir sebagai tim penilai:

  • H. Adeng, S.Pd.I – Kepala Madrasah Al-Khoeriyah Cibarengkok

  • Hj. Badriah, M.Pd.I – Kepala Madrasah Al-Khoeriyah Tegalbenteng

  • Siti Nurhalimah Sadiah, S.Pd.I – Kepala Madrasah Al-Khoeriyah Cilaya

  • Hj. Lilis Aisyah Jaelani, M.Pd.I – Kepala Madrasah Al-Khoeriyah Sadang

  • Ramli, S.Pd.I – Kepala Madrasah Al-Khoeriyah Mekarwangi

Sementara itu, Hj. Neneng Hamidah, S.Pd, Kepala Madrasah Al-Khoeriyah Babakanraden, berhalangan hadir dalam kesempatan tersebut.

PKG tahun ini menyasar seluruh guru dari kelas 1 hingga kelas 6, dengan fokus penilaian pada empat aspek utama: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.

Salah satu aktivitas penilai PKG

Manfaat PKG bagi Guru dan Lembaga

PKG bukan sekadar evaluasi administratif, tetapi merupakan alat strategis untuk pengembangan profesionalisme guru secara berkelanjutan. Berikut beberapa manfaat penting dari pelaksanaan PKG:

  1. Refleksi Diri dan Perbaikan Berkelanjutan
    Melalui PKG, guru dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam praktik mengajar mereka. Hal ini mendorong guru untuk melakukan refleksi diri dan memperbaiki pendekatan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa.

  2. Peningkatan Mutu Pembelajaran
    Dengan umpan balik dari tim penilai, guru memperoleh wawasan dan masukan yang konstruktif dalam mengelola kelas, menyusun perangkat ajar, dan menerapkan metode pembelajaran yang lebih efektif.

  3. Pengembangan Karier Guru
    Hasil PKG menjadi dasar dalam pengusulan kenaikan pangkat dan jenjang karier guru. PKG juga mendorong guru untuk aktif dalam kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB).

  4. Penguatan Akuntabilitas dan Transparansi Kinerja
    PKG memberikan gambaran obyektif terhadap kinerja guru, sehingga dapat memperkuat akuntabilitas publik terhadap kualitas pendidikan di madrasah.

  5. Meningkatkan Budaya Mutu di Madrasah
    Secara kelembagaan, PKG mendorong terciptanya budaya mutu, di mana seluruh komponen madrasah—guru, kepala madrasah, hingga tenaga kependidikan—berkomitmen terhadap peningkatan kualitas secara berkesinambungan.

Memeriksa administerasi guru serta memberikan review atas kegiatan KBM di dalam kelas

Kepala MIS Miftahussa’adah, Bapak Abdul Kodir Jaelani, S.Pd.I, menyampaikan bahwa kegiatan PKG ini merupakan bagian penting dari manajemen mutu pendidikan di madrasah.

“Melalui PKG, kita tidak hanya menilai, tetapi juga membina. Ini menjadi proses pembelajaran bersama agar para guru semakin kompeten, berintegritas, dan inovatif dalam menjalankan tugasnya,” ujar beliau.

Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh tim penilai yang telah meluangkan waktu dan tenaga untuk mendukung peningkatan kualitas guru di MIS Miftahussa’adah.

Kegiatan PKG berlangsung dalam suasana yang kondusif, terbuka, dan penuh semangat untuk berkembang. Diharapkan, kegiatan ini menjadi pemicu semangat bagi seluruh guru untuk terus tumbuh sebagai pendidik profesional dan inspiratif bagi generasi mendatang.

0 Komentar